Agar gaji Tidak Lewat Begitu Saja, Ini Tips Mudah Mengatur Keuangan Tiap Bulan

  • Whatsapp

agar-gaji-tidak-lewat-begitu-saja-ini-tips-mudah-mengatur-keuangan-tiap-bulan

Anda menerima gaji setiap bulan. Meskipun setiap orang mendapatkan nominal yang berbeda-beda, gaji yang Anda terima harus dialokasikan dengan baik. Gaji harus diatur sedemikian rupa agar bisa mencukupi untuk hidup di hari ini, esok, dan di masa tua nanti. Kebutuhan bulanan Anda tetap terpenuhi, keinginan Anda dapat direalisasikan, dan donasi online masih rutin Anda berikan.

Read More

Tidak sedikit orang yang masih sembarangan dalam mengatur keuangan. Akibatnya, belum genap sebulan sejak terima gaji, uangnya sudah habis. Padahal tanggal gajian masih lama. Kalau sudah begini, bagaimana Anda bisa memenuhi kebutuhan harian selain dengan cara mengutang?

Karena itulah Anda perlu memiliki skill mengatur keuangan setiap bulanan. Mengatur keuangan ini penting agar gaji Anda tidak hanya bisa digunakan untuk hidup di hari ini, namun juga bisa digunakan untuk hidup hari-hari mendatang, termasuk juga di hari tua nanti. Selain itu, gaji yang Anda terima juga bisa bermanfaat untuk orang lain.

Mengatur Keuangan Tiap Bulan

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan yang baik? Gaji yang Anda terima setiap bulan perlu dialokasikan untuk tiga hal, yaitu :

1. Pos Living

Yang pertama adalah pos Living. Ini merupakan pos yang paling utama. Gaji yang Anda terima dialokasikan untuk kebutuhan hidup Anda. Namun ingat, tidak semua gaji untuk pos ini. Besarannya adalah 50% dari total gaji Anda.

Yang termasuk dari pos living ini adalah :

Biaya hidup bulanan

Kebutuhan bulanan masuk dalam kategori ini. Jika Anda harus membayar biaya sewa rumah, itu juga termasuk di pos living. Begitu juga dengan biaya listrik, kuota data, dan biaya hidup lainnya yang dibayarkan setiap bulan.

Cicilan

Total cicilan yang Anda punya tidak boleh lebih dari 30% gaji yang Anda dapatkan.

Transportasi

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, berarti yang dihitung adalah uang bensin dan biaya perawatan kendaraan.

Belanja bulanan

Belanja bulanan juga mengambil bagian dari porsi 50% gaji Anda ini.

Donasi

Jangan lupa untuk berbagi dengan orang lain meskipun sedikit. Jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa melakukan donasi online di platform yang terpercaya.

2. Pos Saving

Yang kedua adalah pos saving atau simpanan. Alokasinya adalah 30% dari total gaji Anda. Simpanan ini juga harus dialokasikan sejak awal, bukannya menunggu uang yang tersisa setelah dipakai selama sebulan. Jika Anda masih mengadopsi cara lama, bagaimana Anda bisa memiliki tabungan yang cukup?

Sebaiknya simpanan Anda tidak hanya terdiri dari satu macam, melainkan banyak macam. Berikut ini beberapa jenis simpanan yang sebaiknya Anda miliki :

Tabungan

Tabungan ini bisa Anda bagi lagi sesuai dengan tujuannya, terutama untuk pembelian dengan nominal yang besar seperti membeli rumah dan mobil.

Dana darurat

Jangan lupa menabung untuk dana darurat agar Anda tetap memiliki uang simpanan untuk keadaan darurat.

Investasi

Investasi termasuk dalam pos ini. Jenisnya bisa disesuaikan dengan profil risiko Anda.

3. Pos Playing

Yang ketiga adalah pos playing. Ini merupakan pos menggunakan gaji untuk bersenang-senang. Alokasinya sebesar 20%. Anda bisa menggunakannya sesuai keinginan, misalnya untuk nonton film pada saat weekend, untuk liburan, untuk melakukan hobi Anda, dan sebagainya.

Demikian cara sederhana mengatur gaji dengan mengalokasikannya secara khusus pada pos-pos tertentu. Dengan cara ini, semua kebutuhan Anda akan terpenuhi. Kebutuhan bulanan tetap terpenuhi, donasi online tetap rutin Anda berikan, Anda masih bisa bersenang-senang, dan yang paling penting adalah Anda masih bisa menabung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *