5 Cara Merawat Sepatu Lari Agar Tidak Mudah Rusak

  • Whatsapp

5-Cara-Merawat-Sepatu-Lari-Agar-Tidak-Mudah-Rusak
Di era ini banyak orang mulai mempertimbangkan gaya hidup lebih sehat. Alasan pekerjaan fleksibel yang memaksa orang untuk berlama-lama di depan komputer atau gawai menjadi perhatian yang serius. Luangkan waktu Anda untuk jogging atau aktivitas olahraga yang bisa menyehatkan tubuh. Agar sepatu Nike yang Anda gunakan untuk olahraga tidak mudah rusak, sebaiknya lakukan perawatan sepatu yang rutin.

Merawat sepatu lari dengan benar

Sepatu lari terbagi menjadi beberapa jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya sepatu road running, trail running atau cross running. Jika Anda memiliki trail running shoes yang acap digunakan untuk berlari naik atau turun bukit, sepatu pasti akan lebih mudah rusak. Pasalnya, trek yang ekstrim, berlumpur, kotor, dan lain-lain bukan hal yang asing. Simak cara merawat sepatu lari agar tidak mudah rusak berikut, yuk!

Read More

1. Segera hilangkan kotoran lebih dulu

Anda wajib membersihkan sisa lumpur atau kotoran yang menempel pada sepatu sebelum melepas bagian dalam. Anda wajib menggunakan air hangat, sikat dengan bulu halus dan detergen atau bahan pembersih khusus. Lap dengan bahan kain yang lembut dan telah dibasahi lebih dulu, ya! Membersihkan kotoran atau lumpur yang menempel pada sepatu bisa meminimalisir risiko kotoran mengering dan lebih susah dibersihkan.

2. Memisahkan bagian insole sepatu

Jangan lupa untuk memisahkan bagian insole lebih dulu dan cuci secara terpisah dengan sepatu. Mencuci bagian dalam secara terpisah bisa memaksimalkan kebersihan sepatu luar dalam dengan maksimal. Tali sepatu bisa Anda lepas, lalu sikat dan cuci bersih secara manual saja.

3. Bilas hingga tidak ada busa

Jangan sekali-kali mencuci sepatu Nike Anda di dalam mesin cuci sebab bisa merusak setiap bagian yang tidak boleh terpapar panas atau terendam keseluruhan. Sebaiknya Anda membaca petunjuk mencuci dan membersihkan sepatu lari yang tersedia. Bilas hingga bersih dan tidak ada busa yang menempel pada outfit favorit Anda.

4. Keringkan secara alami

Jangan mengeringkan sepatu lewat mesin pengering sebab bisa merusak bagian-bagian tertentu. Pilih mengeringkan sepatu secara alami saja meski memakan waktu lebih lama. Anda tidak diperkenankan menjemur sepatu di bawah terik matahari secara langsung sebab bisa mengubah bentuk sepatu menjadi lebih longgar. Gunakan koran bekas dan masukkan ke dalam sepatu agar bisa menyerap kelembaban secara alami.

5. Merawat sepatu dengan baik

Jika sepatu lari Anda jarang digunakan, sebaiknya simpan sepatu ke dalam wadah atau kotak kardus yang tersedia. Menyimpan di lemari sepatu bisa menjadi pilihan lain selama ruangan tidak lembab. Menyemprotkan spray khusus sepatu bisa mencegah bau tidak sedap akibat pemakaian terus menerus. Bau tidak sedap muncul akibat sirkulasi udara di dalam sepatu yang kurang baik sehingga memicu pertumbuhan bakteri dan jamur.

Memiliki lebih dari sepasang sepatu untuk mendukung hobi olahraga Anda, sah-sah saja. Perhatikan cara perawatan yang benar agar Anda memiliki sepatu yang lebih awet dan tahan lama. Setidaknya Anda bisa menghemat anggaran untuk beli sepatu setiap bulan, bukan? Sepatu yang terbuat dari material berkualitas bisa memberikan garansi ketahanan lebih lama, kok.

Beli sepatu Nike yang mendukung kegiatan lari atau aktivitas olahraga lain di toko online terpercaya. Pilih sepatu yang memiliki ukuran pas dengan kaki alias tidak terlalu longgar atau terlalu sempit. Kenyamanan memakai sepatu terbaik bisa mendukung performa olahraga Anda tanpa risiko cedera, bukan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *