4 Cara Aman Kirim Barang ke Luar Negeri

  • Whatsapp

4-cara-aman-kirim-barang-ke-luar-negeri

Ada saatnya Anda harus kirim barang ke luar negeri dengan beragam alasan, seperti mengirim makanan kepada kenalan atau keluarga yang tinggal di luar negeri. Melakukan ekspor barang cukup menjadi kegiatan yang lumayan sulit bila tidak tahu cara paling dalam mengirim barang. Buka hanya masalah besar biaya pengiriman saja, tetapi juga masalah rincian barang yang mampu memenuhi aturan dan kebijakan negara tujuan. Jasa ekspor barang akan Anda perlukan untuk mempermudah prosesnya.

Read More

Mengirim barang khususnya ke luar negeri berisiko mendatangkan masalah, apalagi terkadang pihak negara tujuan sering tidak menghubungi pihak pengirim ketika barang ditahan atau tidak lolos untuk memenuhi aturan mereka, sehingga barang pun hilang tanpa kabar jelas.

Agar Barang Ekspor Tidak Terkena Masalah

Berikut tips agar barang kiriman ke luar negeri tidak terkena masalah.

1. Cek dan Pahami Peraturan di Negara Tujuan

Setiap negara mempunyai peraturan dan kebijakan yang berhubungan barang ekspor impor. Untuk itu Anda harus terlebih dulu mengecek dan memahaminya. Misalnya, apakah negara tersebut tidak menerima produk makanan olahan,obat-obatan, dan jenis barang lainnya.

Biasanya kalau pun ada peraturan terkait barang kiriman kategori khusus dari negara lain, ada kriteria disertai informasi khusus yang harus dipenuhi agar bisa masuk ke dalam negara tersebut.

2. Kemas dengan Sempurna

Pastikan barang yang dikirim dikemas dengan sempurna. Tidak perlu terlalu ditutupi berlebihan karena nantinya akan dibongkar kembali untuk dicek. Hindari menyelipkan atau menaruh barang lain ke dalam paket kiriman. Kemungkinan akan menjadi masalah dan barang malah tertahan.

Belum lagi apabila melanggar peraturan ataupun kebijakan. Ini alasan mengapa akan sangat menguntungkan jika meminta bantuan jasa ekspor barang berpengalaman yang sudah memahami segala aturan.

3. Jujurlah Ketika Memberi Data

Untuk menghindari masalah dalam ekspor barang, jujurlah saat mengisi formulir atau data yang dibutuhkan. Terjadinya masalah sering juga dikarenakan pengisian data yang kurang jujur atau pun tidak rinci. Misalnya, barang yang dikirim memiliki nilai cukup tinggi, tetapi Anda tidak menulisnya dengan rinci di formulir. Nantinya saat barang harus diterima pihak penerima, diharuskan ada pembayaran pajak yang cukup tinggi.

4. Menggunakan Jasa Ekspor Terpercaya

Sebagian dari kita mungkin tidak mau repot mengurus pengiriman barang ke luar negeri. Apalagi bila tidak terlalu memiliki banyak waktu untuk mengurus segala hal seputar ekspor barang, Anda bisa memanfaatkan jasa pengiriman yang sudah berpengalaman dan bisa dipercaya dengan layanan-layanannya. Proses pengiriman lebih aman, mudah, dan cepat.

Banyaknya jasa ekspor barang di pasaran membuat kita juga harus mempertimbangkan saat memilihnya. Perhatikan sistem dan mekanisme yang diterapkan oleh pihak penyedia jasa pilihan untuk menghindari berbagai risiko, serta kerugian bagi Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *