3 Bahan Alami untuk Bantu Meredakan Amandel Pada Bayi

  • Whatsapp
HI42-ORAMI-Amandel pada Anak-400
Foto: Canva.com pro

Radang amandel pada anak seringkali mempengaruhi aktivitas dan mood anak. Anak pasti akan lebih rewel dan tidak nafsu makan saat mengalami radang amandel. Apalagi jika anak Anda masih bayi, akan lebih sulit dalam merawat peradangan tersebut karena anak masih belum bisa berkomunikasi dengan baik dan benar.

Jangan khawatir jika bayi Anda mengalami radang amandel. Perhatikan gejala anak lalu segera bawa ke dokter agar mendapat penanganan lebih awal. Kemudian minumkan obat secara rutin kepada anak agar lekas sembuh. Meski begitu, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang dapat mempercepat radang amandel pada bayi.

Read More

Bahan Alami untuk Meredakan Amandel pada Bayi

Selain menggunakan obat medis dari dokter, ada juga bahan-bahan alami untuk meredakan radang amandel. Peradangan amandel dengan nama medis tonsilitis ini dapat dibantu dengan bahan alami yang mudah ditemui dan terjangkau. Berikut lebih jelas nama-nama bahan alami tersebut:

1. Teh dengan Madu

Sudah sering diketahui bahwa teh memiliki beragam khasiat. Teh hangat dengan madu dapat meredakan amandel pada anak. Minuman yang hangat dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh bayi. Tambahan madu murni berguna untuk mengobati infeksi karena tonsilitis. Hal tersebut dikarenakan madu memiliki kandungan antibakteri yang kuat.

Teh hangat dan madu dapat Anda temukan dengan mudah dan harga terjangkau. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan kedua bahan lalu aduk hingga merata. Setelah teh dan madu larut menjadi satu, minuman tersebut bisa langsung diminumkan pada bayi dalam keadaan masih hangat. Namun, campuran teh dan madu ini hanya dapat dikonsumsi pada bayi diatas usia 2 tahun. Jika Anda tetap ingin mencobanya, jangan lupa berkonsultasi ke dokter dulu.

2. Garam

Garam juga dapat menjadi bahan alami untuk meredakan radang amandel. Cara penggunaannya adalah dengan berkumur air garam. Khasiatnya yakni mengurangi rasa nyeri amandel dan sakit di tenggorokan. Sering-seringlah mengajak anak Anda untuk berkumur dengan air garam saat sedang terserang radang amandel.

Cara membuat air garam yang ampuh meredakan amandel yaitu masukkan ½ sendok garam dalam segelas air. Aduk hingga garam larut dalam air. Lalu, larutan sudah dapat digunakan untuk berkumur. Arahkan anak Anda untuk mengangkat kepalanya saat berkumur agar terkena tenggorokan namun tidak sampai tertelan. Silakan mengulangi cara tersebut dengan durasi 10-15 menit.

3. Echinacea

Bahan alami yang terakhir yakni Echinacea yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Echinacea merupakan salah satu jenis bunga yang sering digunakan dalam pengobatan herbal. Sifat anti-inflamasi dalam Echinacea ampuh untuk mengobati radang tenggorokan khususnya amandel. Bunga ini dapat ditemukan dalam bentuk ekstrak yang cair sehingga mudah ditambahkan dan larut dalam air atau makan berkuah.

Cara aman mengonsumsi Echinacea adalah dengan mencampurkan dalam air hangat atau sup makanan bayi Anda. Campuran Echinacea ini dapat diminum tiga kali sehari. Anak akan merasa senang minum atau makan Echinacea karena tidak berbentuk seperti obat.

Bahan-bahan alami di atas bisa dengan mudah Anda temukan sehingga bisa diandalkan untuk mengatasi amandel. Akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda juga meminta saran dokter terkait penggunaan bahan alami tersebut. Perbanyak referensi tentang info bayi maupun cara mengatasi amandel pada anak agar Anda bisa segera melakukan pertolongan pertama ketika amandel anak sedang kambuh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *